Dalam rangka menjawab tuntutan publik yang menginginkan terwujudnya good governance dan good corporate governance, diperlukan tenaga yang kompeten dibidang pencegahan dan pendeteksian terhadap terjadinya kecurangan (fraud). Tenaga yang kompeten tersebut adalah tenaga yang memiliki sertifikat auditor forensik yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Auditor Forensik (LSP-AF). LSP-AF adalah lembaga yang mendapat lisensi untuk menerbitkan sertifikat profesi auditor forensik (CFrA) berdasarkan keputusan Kepala BNSP Nomor: BNSP-082-ID tanggal 15 Mei 2012. Untuk menempuh ujian sertifikasi auditor forensik dipersyaratkan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Auditor Forensik.

Penyelenggaraan Pelatihan Audit Forensik dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Fraud Auditing (LPFA). Diklat dirancang khusus selama 3 (tiga) hari, dipandu oleh instruktur yang memiliki pengetahuan dan pengalaman sebagai praktisi dibidangnya.

Ujian kompetensi dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Materi :

  • Overview Pencegahan dan Pendeteksian Fraud
  • Overview Pelaksanaan Audit Forensik dan Penghitungan Kerugian Keuangan
  • Overview Penelusuran Aset
  • Perundang-undangan yang Terkait Fraud dan Standar Profesi Audit Forensik
  • Pemberian Pernyataan Secara Keahlian Didepan Penyidik dan Sidang Pengadilan
  • Tutorial Uji Kompetensi Auditor Forensik

Metode Pembelajaran :

Menggunakan Metode Pembelajaran Perpaduan antara E-Learning (Aplikasi Google Classroom) dengan Kelas Tatap Muka Jarak Jauh (Aplikasi Zoom)