Workshop

Selain pelatihan untuk pemenuhan portofolio sertifikasi, kami secara khusus merancang kegiatan workshop dengan durasi selama 2 (dua) hari dengan topik/materi yang dirancang secara spesifik, lebih fokus pada dukungan pengembangan keahlian dan kompetensi praktikal bagi peserta melalui diskusi, penyelesaian kasus/simulasi tematik, yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing peserta.

 

Metode workshop :
  • Active – interactive learning
  • Pembelajaran dua arah yang melibatkan semua peserta dalam workshop
  • Presentasi, Diskusi interaktif, Role Model
  • Best Practice & Experiential Learning Process
  • Case Studies

 

Workshop kami bagi dalam 3 (tiga) kategori, diantaranya:

  1. Workshop Peningkatan, dan Pengembangan Kompetensi Auditor (Internal – Eksternal)
  2. Workshop Fraud Audit, Investigative & Forensic
  3. Workshop Soft Skill, Problem Solving dan Capability Bagi Auditor (Internal – Eksternal)

Detail dan Jadwal Workshop

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan

Salah satu tugas Auditor, apakah Auditor Eksternal, Auditor Internal, Auditor Perpajakan, Auditor Perbankan dan lain sebagainya, adalah mendeteksi kemungkinan terjadinya tindak kecurangan (fraud) yang  sengaja dilakukan oleh ‘orang dalam’ maupun ‘orang luar’. Juga merupakan tugas auditor untuk mendeteksi kesalahan yang disebabkan ketidaksengajaan. Ketidakmampuan untuk menjalankan tugas ini yang pada gilirannya akan mengganggu kredibilitas auditor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang berkontribusi mendeteksi kemungkinan terjadinya kecurangan porsinya berurutan sebagai berikut: pertama berasal dari laporan pengaduan, yang kedua adalah kecurangan yang ‘tidak sengaja’ ditemukan, yang ketiga adalah hasil karya Auditor Internal dan yang keempat hasil kerja Auditor Eksternal.

Auditor dituntut untuk selalu bekerja dengan sangat cermat, agar fraud/kecurangan/ ketidaktepatan penyajian data laporan keuangan dapat di deteksi lebih dahulu sebelum mencuat ke permukaan, namun kadang kala kemampuan teknik audit yang kurang memadai, akan menyebabkan harapan masyarakat tersebut di atas sulit dipenuhi oleh Auditor. Tantangan ini dirasa menjadi lebih berat dimana sekarang, akibat komputerisasi, auditor harus juga menganalisa data yang kadang hanya tersedia di sistem komputer perusahaan.

Walaupun komputerisasi sudah merambah ke semua aspek dunia usaha, survei menunjukan bahwa mayoritas fraud masih terkait dengan fraud  tradisional. Bedanya adalah sekarang sebagian fraud tradisional memakai medium ini. Artinya, komputerisasi juga berarti semua kegiatan, termasuk transaksi fraudulent, terekam ke dalam media komputer. Pertanyaannya adalah bagaimana mengidentifikasi transaksi fraudulent tersebut di antara sekian banyak transaksi yang ada.

Workshop ini membahas berbagai teknik analisa forensik untuk mendeteksi adanya anomali dari catatan keuangan yang diakibatkan oleh fraud, kesalahan atau sekedar penghindaran internal control dengan menggunakan peranti lunak yang biasa dipakai di lingkungan kantor.

Materi :
  • Pengenalan analisis forensik dan metode statistik
  • Data analytics untuk deteksi fraud (continuous auditing)
  • Pengenalan microsoft excel dan database
  • Praktik forensik analisis
  • Evaluasi proses dan hasil audit

 

Instruktur

Para praktisi yang berpengalaman, sebagian besar adalah pemegang sertifikasi Certified Fraud Examiner (CFE) dan Certified Forensic Auditor (CFrA).

Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Jadwal Workshop Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan

2 March, 2023

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan - Maret 2023

22 June, 2023

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan - Juni 2023

7 September, 2023

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan - September 2023

14 December, 2023

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan - Desember 2023