Loading Events

All Events

Teknik Identifikasi, Perolehan, Pengolahan, dan Analisis Data Elektronik dalam Mendukung Audit Investigasi yang Efektif – Januari

January 28 @ 8:00 am - January 29 @ 5:00 pm | Rp4000000

Perkembangan teknologi berdampak signifikan terhadap semua lini kehidupan, tak terkecuali dalam melakukan Audit Investigasi. Berbagai jenis fraud yang terjadi dewasa ini hampir semua melibatkan teknologi, baik teknologi sebagai sasaran fraud seperti akses illegal atas suatu sistem, kegagalan teknologi karena serangan atau manipulasi data dan sistem, ataupun teknologi sebagai alat bantu fraud seperti korupsi, penyalahgunaan asset, manipulasi laporan keuangan, pencucian uang, penggelapan pajak, pencurian data atau kartu kredit, dan berbagai bentuk fraud lainnya.

Fraud yang terjadi akan meninggalkan jejak dalam bentuk data yang tersimpan atau berada pada perangkat elektronik seperti komputer, handphone, cloud, dan lain sebagainya. Jejak dalam bentuk data tersebut berupa berbagai jenis file seperti office file (doc, excel, ppt, dst.), log file (server, website, aplikasi, dst.), database file (oracle, firebird, mssql, mysql, dst.), file gambar (jpg, png, dst.) file video (mp4, mkv, dst), dan sebagainya.

Oleh karena karakter suatu file yang mudah sekali berubah/diubah, rusak, atau hilang tanpa penanganan yang tepat, maka dalam proses perolehan sampai dengan analisis atas file tersebut harus dilakukan dengan prosedur dan teknik yang khusus, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara optimal serta dapat dipertanggungjawabkan untuk pengambilan keputusan atas kasus fraud yang terjadi.

Audit Investigasi yang didukung dengan prosedur dan teknik yang khusus ini, selain mampu memulihkan data elektronik yang sudah terhapus dan tersembunyi, juga dapat memberikan petunjuk atau bukti yang kuat terkait modus, pelaku, dan/ataupun waktu suatu fraud terjadi sehingga kegiatan Audit Investigasi menjadi lebih efektif.

Materi :

  • Persiapan dan Penggalian Informasi Awal
  • Teknik Identifikasi Data Elektronik yang Terkait dengan Lingkup Investigasi
  • Teknik Perolehan Data Elektronik yang Efektif dan Terjamin Integritasnya
  • Teknik Pengolahan Data Elektronik untuk Memulihkan Data Elektronik Termasuk Data yang Terhapus atau Tersembunyi
  • Teknik Analisis Data Elektronik untuk Mendapatkan Informasi yang Relevan dengan Lingkup Investigasi
  • Teknik Penyajian Hasil Pengolahan dan Analisis Data Elektronik yang Dapat Dipertanggungjawabkan
  • Simulasi Teknik pada Corruption Fraud
  • Simulasi Teknik pada Asset Misappropiation
  • Simulasi Teknik pada Financial Statement Fraud

Details

Start:
January 28 @ 8:00 am
End:
January 29 @ 5:00 pm
Cost:
Rp4000000
Event Categories:
, ,

Organizer

LPFA
Phone:
021-31997495
Email:
info@lpfa.co.id

Venue

Oria Hotel Jakarta
Jl. KH. Wahid Hasyim No.85 Jakarta Pusat
DKI Jakarta, Indonesia
+ Google Map
Price:

Rp4,000,000.00