Loading Events

All Events

Teknik Analisa Forensik untuk Mendeteksi Kecurangan – Juni

June 18 @ 8:00 am - June 19 @ 5:00 pm | Rp4000000

Salah satu tugas Auditor, apakah Auditor Eksternal, Auditor Internal, Auditor Perpajakan, Auditor Perbankan dan lain sebagainya, adalah mendeteksi kemungkinan terjadinya tindak kecurangan (fraud) yang  sengaja dilakukan oleh ‘orang dalam’ maupun ‘orang luar’. Juga merupakan tugas auditor untuk mendeteksi kesalahan yang disebabkan ketidaksengajaan. Ketidakmampuan untuk menjalankan tugas ini yang pada gilirannya akan mengganggu kredibilitas auditor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang berkontribusi mendeteksi kemungkinan terjadinya kecurangan porsinya berurutan sebagai berikut: pertama berasal dari laporan pengaduan, yang kedua adalah kecurangan yang ‘tidak sengaja’ ditemukan, yang ketiga adalah hasil karya Auditor Internal dan yang keempat hasil kerja Auditor Eksternal.

Auditor dituntut untuk selalu bekerja dengan sangat cermat, agar fraud/kecurangan/ ketidaktepatan penyajian data laporan keuangan dapat di deteksi lebih dahulu sebelum mencuat ke permukaan, namun kadang kala kemampuan teknik audit yang kurang memadai, akan menyebabkan harapan masyarakat tersebut di atas sulit dipenuhi oleh Auditor. Tantangan ini dirasa menjadi lebih berat dimana sekarang, akibat komputerisasi, auditor harus juga menganalisa data yang kadang hanya tersedia di sistem komputer perusahaan.

Walaupun komputerisasi sudah merambah ke semua aspek dunia usaha, survei menunjukan bahwa mayoritas fraud masih terkait dengan fraud  tradisional. Bedanya adalah sekarang sebagian fraud tradisional memakai medium ini. Artinya, komputerisasi juga berarti semua kegiatan, termasuk transaksi fraudulent, terekam ke dalam media komputer. Pertanyaannya adalah bagaimana mengidentifikasi transaksi fraudulent tersebut di antara sekian banyak transaksi yang ada.

Workshop ini membahas berbagai teknik analisa forensik untuk mendeteksi adanya anomali dari catatan keuangan yang diakibatkan oleh fraud, kesalahan atau sekedar penghindaran internal control dengan menggunakan peranti lunak yang biasa dipakai di lingkungan kantor.

Materi :

  • Pengenalan Analisis Forensik dan Metode Statistik
  • Pengenalan Microsoft Access 2010 dan database
  • Praktek Forensik analisis

Peserta :

Workshop ini sebaiknya diikuti oleh: Praktisi IT, Auditor Internal, Auditor Eksternal, Unit Anti-Fraud, Controller, atau mereka yang ingin memperdalam pengetahuan tentang bagaimana mendeteksi kecurangan dengan teknik analisa forensik.

Download Brosur Registrasi Offline

Details

Start:
June 18 @ 8:00 am
End:
June 19 @ 5:00 pm
Cost:
Rp4000000
Event Categories:
, ,

Organizer

LPFA
Phone:
021-31997495
Email:
info@lpfa.co.id

Venue

Oria Hotel Jakarta
Jl. KH. Wahid Hasyim No.85 Jakarta Pusat
DKI Jakarta, Indonesia
+ Google Map
Price:

Rp4,000,000.00