Workshop Audit Analytical Skills bagi Pegawai Otoritas Jasa Keuangan

Upcoming Events

05
Mar

Pelatihan Fraud Auditing 1 - Maret 2024

07
Mar

Workshop Teknik Penyusunan dan Reviu Laporan Hasil Audit yang Efektif - Maret 2024

07
Mar

Workshop Teknik Identifikasi, Deteksi atas Kecurangan Manajemen dan Financial Fraud - Maret 2024

07
Mar

Workshop Psikologi dan Teknik Komunikasi Audit - Maret 2024

14
Mar

Workshop Teknik Presentasi dan Komunikasi Audit yang Efektif - Maret 2024

Metode audit tradisional telah membantu pekerjaan auditor selama beberapa dekade terakhir, namun seiring kemajuan teknologi dan permintaan klien yang semakin berkembang, auditor harus terus berinovasi dan bertransformasi. Kondisi ini menjadikan analytics skill sebagai kunci penting bagi auditor sekaligus menjadi alasan bagi kita untuk menguasainya. Efektivitas penugasan audit sangat bergantung pada kemampuan teknis auditor/pemeriksa dalam melakukan pengumpulan dan penganalisisan data. Banyak organisasi/perusahaan memiliki banyak data tetapi sedikit sekali informasi yang dapat diperoleh auditor. Kemampuan dalam menganalisis data, menginterpretasikan serta menafsirkannya sebagai dasar pengungkapan temuan merupakan keterampilan utama yang harus dikuasai oleh auditor/pemeriksa pada semua jenjang.

Data hanya sekadar data dan tidak bisa digunakan apabila tidak “diterjemahkan”. Tantangan yang dihadapi auditor sebagai salah satu pengguna big data adalah bagaimana data yang besar tersebut disimpan, dikelola, dan dimanfaatkan? Jawabannya adalah dengan melakukan data analytics, yaitu strategi menganalisis big data untuk mengungkap pola dan koneksi yang mungkin tidak terlihat sehingga dapat memperoleh wawasan dan informasi berharga untuk kemudian menjadi sebuah insight dan membantu dalam mengambil sebuah keputusan.

Pada kesempatan kali ini, kami telah menjalin kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan dengan menyelenggarakan Workshop Audit Analytical Skills. Selama pelatihan peserta mempelajari keterampilan yang dibutuhkan mereka dalam melakukan audit dan meningkatkan penggunaan data dalam pengambilan keputusan serta mampu mengidentifikasinya.

 

Peserta pelatihan akan menerima seluruh materi pembelajaran yang mencangkup secara garis besar mengenai Metodologi Analytical Skills, Teknik Analisis Data dan Auditing Skills, pelatihan ini menerapkan berbagai teknik pengajaran dan dipandu dengan narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Metodologi kursus pelatihan adalah penggunaan pendekatan studi kasus dan latihan praktis. Peserta melakukan analisis mereka sendiri pada database yang disediakan oleh narasumber.

 

 

Workshop Audit Analytical Skills dilaksanakan selama 2 hari yang dilaksanakan pada tanggal
14 – 15 Februari 2023, Materi workshop yang disampaikan meliputi :

  • Pokok-pokok analytical skills, metodologi dan teknik dalam proses analisis data
  • Identifikasi information gaps, communication creativity and critical thinking, data integrity, data cleansing – duplicates, outliers common vs. special causes, control chart, pareto analysis & indices
  • Prinsip-prinsip keahlian audit, peran, tanggungjawab auditor, risk based audit, planning & preparation, conducting an audit, effective questioning, collection and analysis of objective evidence
  • Metodologi pelaporan, 
    identifying improvement opportunities, developing and documenting audit findings, discussing and preparing audit conclusions, using graphs and charts as appropriate presenting findings,
    pembuatan simpulan dan pemantauan tindak lanjut.
  • Studi kasus

 

Harapan kami setelah mengikuti pelatihan, auditor/pemeriksa/Tim mampu untuk memberikan pernyataan yang benar, yang didasarkan atas fakta, sehingga akan membantu organisasi/perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat, termasuk  dalam situasi yang kompleks.  Bagi auditor/pemeriksa/Tim penguasaan atas data analytics dan penerapan metodologi audit yang tepat akan memberikan dukungan terhadap  audit trail (jejak audit) dan mengurangi risiko penugasan audit yang dilaksanakannya.